First day on 2013

Image

Sudah hampir setengah tahun aku tidak menulis di blog ini, sudah banyak perubahan tentunya dalam hidupku, yang paling utama saat ini aku sudah berstatus “married”, bahkan insyaAllah akhir bulan januari ini akan segera menjadi bapak. Semoga persalinan istriku kelak lancar, ibu dan bayinya selamat, aminn…

Berbicara dihari pertama pada tahun 2013 ini, maka kata yang tepat menemaniku adalah “sepi”, iya sepi, karena saat ini aku di kontrakan sendirian, istriku sudah dirumah mertua, sambil menanti si dedek yang akan meramaikan hari-hari kami kedepan.

Sebenarnya kondisi tubuhku belum sehat sepenuhnya, selepas sakit tipes kemarin, tapi namanya sakit kalau dibawah manja, gak kelar-kelar malah, hehehe…. insyaAllah besok aku akan memulai aktifitas seperti biasa lagi….

sebenarnya kangen banget sama istriku dan si dedek diperutnya, emmmuach sayang abi  dari sini untuk kalian berdua…  semoga umi dan dedek sehat-sehat saja ya, kan ntar dedek mau dibelikan kambing, cie cie…. guaya dedekku ini, masih diperut aja uda mau punya kambing, hahahahaha…… ups, sebenarnya abinya yang pengen punya kambing ya dedek…. hmhmhmhmhmh

01 January 2013

“Calon Ibu/ayah” bukan “Calon Istri/suami”

ayah, istri, suami,

Kehidupan Baru telah kumulai beberapa bulan yang lalu, aku telah memutuskan perkara penting dalam hidupku, yaitu memilih “calon ibu” bagi anak-anakku kelak, tentu teman-teman bertanya kenapa “calon ibu” bukan istri…#!#

 

Teman, dahulu orientasi ku ketika mencari pasangan hidup adalah mencari istri, mencari istri dan istri, tapi ditengah perjalanan aku mendapatkan pencerahan sehingga memutuskan untuk mengubahnya menjadi mencari “calon ibu” bagi anak-anakku. Karena ada point penting dari perkara itu yang harus teman-teman tahu, kalau mencari “calon ibu” anda tidak hanya dapat calon ibu, tapi secara otomatis istri pun akan anda dapatkan. Tapi kalau orientasi anda ketika mencari pasangan hidup adalah mencari istri, maka mungkin istri akan anda dapatkan, tapi calon ibu yang baik dan tepat bagi anak-anak anda kelak belum tentu anda dapatkan.

 

Nah, itulah alas an kenapa sekarang anda harus merubah orientasi ketika mencari pasangan hidup anda, dari mencari istri/suami menjadi mencari calon ibu/ayah bagi anak-anakku kelak. Dan yang tak kalah penting bagi yang masih proses pencarian adalah senantiasalah meningkatkan kualitas diri (amal terutama), karena janji Allah, laki-laki baik adalah untuk perempuan baik, begitu juga sebaliknya.

 

Semoga bermanfaat.

 

Happy Share

Shalawat Membawaku ke Jakarta

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Kali ini aku ingin bercerita kisah pengalaman menarikku ketika mengikuti olimpiade sains hingga bisa lolos sampai ke Jakarta.

Sekitar 6 tahun yang lalu, aku masih seorang remaja yang duduk dibangku sma, sebuah sma yang terletak dekat dengan pantai dan cukup jauh jika ditempuh berjalan kaki, :-).

SMA itu bernama SMANSA, namun belakangan namanya telah berubah menjadi SMANMA dan merupakan sekolah favorit di daerahku, karena secara SMA negeri satu-satunya ditempatku,hehehe

Singkat cerita, ketika aku duduk dikelas 2, seingatku itu tahun 2005 awal, ada even penyeleksian untuk pemilihan perwakilan sekolah untuk even olimpiade tingkat Kabupaten yang diadakan di Tanjungpinang.

Serasa mimpi, aku yang pas-pasan dibidang kimia, dipilih untuk mewakili sekolah dibidang kimia bersama satu temanku yang lain. After that, persiapan-persiapan pun kami lakukan, mulai belajar intensif dengan guru pembimbingku kimia, dsb.

Hari H nya sudah tiba, aku pun bersama rombongan peserta dari Tanjunguban berangkat. Aku ingat sekali bapakku tersayang ketika itu yang mengantar aku ke bus peserta yang membawa kami ke tempat acara, lalu yang uniknya ketika itu Bapakku sempat pulang kerumah hanya untuk membawakan parfum karna aku lupa mengenakannya. Hihihi (I love you)

Setibanya waktu perlombaan, seingatku waktu yang diberikan untuk mengerjakan soal-soal yang totalnya 40 objektif dan 5 esay itu adalah 4 jam, wow pikirku sebelum membuka soal. Hampir 1 jam berlalu hanya 11 soal yang aku bisa jawab, dan 4 esai yang bisa kuselesaikan dengan baik, yang satu lainnya tetap kukerjakan tapi dengan sedikit keraguan. Hehe

Terus aku kotak katik itu soal, namun blank, memang gak paham. Hihihi,
Aku tutup soal dan hanya diam melihat peserta lain mengerjakan soal2nya, secara ketika itu yang tepat disebelahku adalah teman dari sekolah lain yang pernah ketemu beberapa waktu silam, namun dia bidang fisika.

Setengah jam sisa dari waktu yang diberikan, aku teringat ketika aku sering mengikuti musyawarah agama dimasjid kampungku, lalu bang indra (salah satu teman dimasjid) pernah mengatakan shalawat itu disebut ketika kita musyawarah agar dapet ilham dari Allah, katanya. Nah, seperti ada yang nuntun, aku tutup soal letakkan tanganku dimata, lalu bershalawat sebanyak-banyaknya hingga muncul seperti bayangan huruf A,B,C,D,atau E dari setiap soal yang ingin kujawab, ouw الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . Akhirnya semua soal terjawab dan waktu perlombaan pun selesai.

Hal yang mengejutkan terjadi ketika pengumuman sang juara, tanpa dugaanku, aku terpilih sebagai juara 1 untuk bidang kimia. Wow الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ kuucapkan berkali-kali.

Setelah selesai pembagian hadiah, sang juri merapat ke guru pembimbingku dan dia menyatakan bahwa “selamat ya bu, anak ibu pintar, dia dan yang juara dua soal objektifnya hampir benar semua, hanya esainya anak ibu salah satu yang masalah entalpi”. Aku mengetahui hal ini diperjalanan pulang ketika guruku menceritakannya kepadaku. Dalam hatiku, سُبْحَانَ اللّهُ objektif yang 80 persennya kujawab dengan shalawat hampir benar semua. Hihihi

Dengan hasil itu aku berhak mewakili kabupaten ditingkat provinsi kepri, dengan cerita yang mirip dengan sebelumnya aku sampai juga ketahap nasional yang ketika itu diadakan di Jakarta, hehe الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ya… Namun gagal di tingkat nasional, soale gak ada soalan objektifnya, semuanya esai. Hihihi

Akhirnya perjuanganku berhenti di jakarta, tapi dengan asbab itu semua aku bisa kebandung untuk memenuhi panggilan ITB untuk ikut USM dan juga akhirnya aku memilih untuk melanjutkan studi S1 di Teknik Kelautan ITS Surabaya karena diberi beasiswa full ole provinsiku.

Sebenarnya kalau saya ceritakan detai, maka cerita ini akan menjadi seperti novel, hehehe, tapi belum ada waktunya, yang pasti setiap aku menceritakan hal ini ke orang lain, mereka akan tersenyum dan mengatakan kamu beruntung sekali.

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Aku hanya bisa mengatakan mari kita selalu bersyukur.

Syamsul 🙂

Sebuah Tips Menghafal dari Imam Syafii

cara ingatan super, cepat ingat

Mungin sudah banyak cara yang anda tahu untuk menghafal atau mengingat sesuatu dengan mudah, mungkin anda pernah dengar super genius memory, ataupun seminar sejenis lainnya.

Namun untuk mengikuti setara seminar seperti itu tentunya anda harus merogoh banyak kocek anda. 🙂

Pernahkah dengar bagaimana seorang imam mazhab besar dalam islam yaitu Imam Syafii dapat menghafal sebuah kitab yang setebal Al-quran hanya dalam 1 malam. Mungkin jika saya berkata cerita Nabi, maka anda katakan “ah itukan Nabi”, lalu jika saya katakan cerita sahabat, anda juga katakan “ah itukan sahabat”, nah kali ini saya cerita seorang manusia biasa yang sama seperti kita. Artinya apa? Berarti hal tersebut tidak mustahil bagi kita.

Mungkin anda bertanya, kok bisa ya menghafal kitab setebal itu dengan hanya 1 malam? Selain kebersihan hatinya tentunya, mesti ada rahasia lain dibalik itu.

Dalam riwayat lain, diceritakan metode yang digunakan Imam Syafii adalah mengulang sebanyak 40 kali setiap sesuatu yang ingin beliau hafal.

Mungkin anda pernah mengetahui bagaimana shalat arbain (40 waktu) di madinah dalam 8 hari. Maksudnya apa? Maksudnya agar sepulang haji tidak berat untuk berjamaah, itulah juga mungkin yang menyebabkan spesialnya bilangan 40.

Mungkin anda bisa mencobanya, karena saya juga pernah mencobanya untuk menghafal sesuatu, diulang 40 kali dan setelah itu dengan mudah saya bisa menghafalnya.

Begitu juga jika anda ingin agar tidak berat untuk melakukan sesuatu. Gunakanlah cara itu, saya ambil contoh jika anda ingin mudah untuk shalat tahajud, coba anda latihan untuk tiap malam selama 40 malam cukup 2 rakaat saja. InsyaAllah setelah 40 hari maka anda akan mudah untuk melaksanakan shalat Tahajud.

Selain tips ini bisa untuk masalah agama seperti yang sudah saya utarakan, cara ini juga bisa anda terapkan dalam hal pelajaran, mendidik anak, dll.

Selamat mencoba

Syamsul 🙂

Muhasabah di akhir tahun

Baru saja selesai pengajian di masjid JOB Pertamina-Talisman Jambimerang, kali ini pengajiannya membahas tentang muhasabah diakhir tahun walaupun sebenarnya muhasabah itu tepatnya dilakukan diakhir tahun hijrah yang lalu, tapi it’s okay, namanya muhasabah sah-sah aja kapanpun, karena sahabat Umar r.a. senantiasa muhasabah setiap menjelang tidur.

Sedikit rangkuman dari pengajian tadi, diakhir tahun ini mari kita bermuhasabah, kita mulai dari diri sendiri, sejauh mana kita telah melakukan amal-amal kebaikan secara benar, shalat kita apakah sudah lengkap, jika sudah lengkap apakah caranya sudah berjamaah (bagi laki-laki), lalu puasa kita apakah sudah dijalankan dengan tuntunan syariat yang benar.
Kemudian zakat apakah sudah kita keluarkan, karena zakat ibarat penyakit, apabila tidak dikeluarkan maka ia akan menjadi penyakit bagi harta itu sendiri maupun orangnya (sifat kikir).
Lalu jika kita sudah cukup harta, punya kesempatan, dan dalam keadaan aman, apakah kita sudah menunaikan haji/umroh? Jika dalam keadaan seperti itu kita tidak melakukan haji/umroh maka kata Rasulullah ada tiga kemungkinan, kita akan mati dalam keadaan yahudi, nasrani, ataupun majusi.

Hal yang kedua perlu kita muhasabah adalah dalam lingkungan keluarga kita, seberapa jauh cahaya keimanan telah kita bawa masuk kedalam rumah kita, seberapa jauh cahaya Alquran telah kita bawa masuk kerumah kita. Rasulullah bersabda yang kurang lebih mahfumnya “rumah yang didalamnya tidak dibacakan alquran, maka malaikat tidak akan mau masuk” jika malaikat tidak masuk rumah, maka syaitan yang akan masuk rumah, maka tidak akan ada ketenangan didalam rumah. Wajar jika hari ini banyak rumah tangga yang tidak harmonis.
Maka Rasulullah sudah menganjurkan, agar memperbanyak shalat dan baca quran dirumah. Tentunya shalat sunnah bagi laki-laki yang dianjurkan dirumah, untuk shalat wajib tetap dimasjid.

Kemudian yang ketiga adalah muhasabah terhadap lingkungan masyarakat, sejauh apa kita telah memberikan manfaat kepada masyarakat. Sejauhmana kita telah berguna bagi lingkungan kita, tetangga kita, dan lain sebagainya.

So, mari kita akhiri tahun ini dengan muhasabah, merenung, intropeksi dirikita, sejauh mana kemanfaatan yang sudah kita lakukan selama ini baik bagi diri sendiri, keluarga maupun masyarakat secara umum.
Jangan kita akhiri tahun ini dengan hura-hura belaka.

 

Syamsul 🙂

Pesan BBM (tentang kiamat)

Baru aja dapet ВВМ✉ dari teman yang isinya seperti ini :

“Jam Penanda Hari Kiamat telah d buat oleh Suku Maya d Meksiko. Jam Itu Menghitung Mundur Smpai Tepat Pd Tanggal 21/12/2012 yg d yakini n d Ramalkan Oleh Suku tsbt adalah Hari Kiamat.
>:/ eemm jgn percaya dlu!!!!

Karena O:)
Kiamat menurut Agama Islam d tandai dg:
– Kemunculan Imam Mahdi

– Kemunculan Dajjal

– Turunnya Nabi Isa (AS)

– Kemunculan Yajooj n Majooj

– Terbitnya matahari dari Barat ke Timur

– Pintu pengampunan akan ditutup

– Dab’bat al-Ard akan keluar dari tanah & akan menandai muslim yang sebenar2nya

– Kabut selama 40 Hari akan mematikan semua orang beriman sejati shg mereka tidak perlu mengalami tanda2 kiamat lainnya

– Sebuah kebakaran besar akan menyebabkan kerusakan

– Pemusnahan/runtuhnya Kabah

– Tulisan dalam Al-Quran akan lenyap

– Sangkakala akan ditiup pertama kalinya binatang2 & org2 kafir yang tersisa akan mati, semua gunung & bangunan akan runtuh

– Tiupan sangkakala yang kedua kalinya akan membangkitkan semua ciptaan Allah & bertemu di dataran Arafah menuju saat penghakiman mereka.. Dan Matahari akan mendekatkan dirinya ke bumi

Nabi MUHAMMAD SAW telah bersabda:
“Barang siapa yg mengingatkan ini kepada orang lain, akan Ku buatkan tempat di syurga baginya pada hari penghakiman kelak”

Kita bisa kirim ribuan bbm mesra, tapi bila kirim yang berkaitan dengan ibadah musti berpikir 2x.

Allah berfirman : “jika engkau lebih mengejar duniawi daripada mengejar dekat denganKu maka Aku berikan, tapi Aku akan menjauhkan kalian dari surgaKu”

Dan apakah masih berpikir 2x untuk menyebarkan BBM ini??”

Sebuah teguran untuk saya dan semua pembaca yang merasa mungkin, seringkali kita merasa malu ketika membicarakan sesuatu yang bernilai ibadah atau membicarakan sesuatu tentang agama.

Semoga setelah membaca pesan ввм✉ diatas, Allah memberi hidayah dan taufiknya kepada kita..

آمِيّنْ يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّنْ

Syamsul 🙂

Indahnya Kejujuran

Seberapa jauh indahnya kejujuran menurut anda?

Satu ketika ada kejadian lucu yang cukup menggelitik saya ketika itu, disuatu malam ba’da magrib tepatnya saya dan seorang teman melakukan silaturrahmi ke tetangga-tetangga masjid yang masih jarang terlihat dimasjid (tidak enak jika menyebut tidak pernah), nah sampailah saya disebuah rumah, selepas salam diucapkan, muncullah seorang anak kecil berusia kitaran 5 tahunan, lalu dengan susunan kata yang masih belum teratur menanyakan “cali sapa om?”. :-), papanya ada jawabku, lalu sang anak berlasi menuju kedalam rumah, selang berapa menit anakpun keluar sambil berkata “om, kata papa, papanya gak ada”, #?!#*

Sambil menahan tawa, kami pun sampaikan kepada sang anak, bilang ke papa, anak kecil jangan diajarin boong ya, hahahaha….

Keluguan, kepolosan sang anak menunjukkan seolah ia tidak paham apa itu bohong dan kebohongan. Betapa indahnya bukan? Sebaliknya coba anda bayangkan, jika seorang anak berusia 5 tahun sudah pintar bohong,,, gak banget kan jadinya (pinjem bahasa gaul anak sekarang) 🙂

Dengan kejujuran, kita akan merasa lega dari perasaan bersalah karena berbohong. Walaupun kadang ada kalanya kebohongan itu diperlukan, tapi disini kita tidak membicarakan pengecualin itu.

Dengan kejujuran, anda akan bisa berkembang dengan mudah. Coba bayangkan ketika anda masuk kesebuah pekerjaan, lalu sang bos tanya “apakah anda bisa dengan hal ini?” Lalu anda berkata bahwa anda bisa, padahal anda tidak bisa, bukankah ketidak jujuran seperti itu karena lebih mementingkan gengsi akan menambah masalah baru bagi anda? Jika anda mau jujur tapi tetap tidak menurunkan nilai jual anda, mungkin anda bisa katakan, “maaf pak, saya belum bisa, tapi saya akan mempelajarinya segera pak”. Gimana, lebih enak bukan?

Dengan kejujuran anda tak perlu bingung mencari alasan-alasan yang dibuat-buat, berbeda ketika anda melakukan kebohongan sekali saja, maka hal tersebut akan memancing untuk timbulnya kebohongan-kebohongan yang lain.

So teman, mari kita biasakan jujur dan mulai menanamkan kejujuran kepada orang-orang terdekat kita.
Karena kejujuran itu indah dan orang yang jujur disayang Allah.

Syamsul 🙂