Indahnya Kejujuran

Seberapa jauh indahnya kejujuran menurut anda?

Satu ketika ada kejadian lucu yang cukup menggelitik saya ketika itu, disuatu malam ba’da magrib tepatnya saya dan seorang teman melakukan silaturrahmi ke tetangga-tetangga masjid yang masih jarang terlihat dimasjid (tidak enak jika menyebut tidak pernah), nah sampailah saya disebuah rumah, selepas salam diucapkan, muncullah seorang anak kecil berusia kitaran 5 tahunan, lalu dengan susunan kata yang masih belum teratur menanyakan “cali sapa om?”. :-), papanya ada jawabku, lalu sang anak berlasi menuju kedalam rumah, selang berapa menit anakpun keluar sambil berkata “om, kata papa, papanya gak ada”, #?!#*

Sambil menahan tawa, kami pun sampaikan kepada sang anak, bilang ke papa, anak kecil jangan diajarin boong ya, hahahaha….

Keluguan, kepolosan sang anak menunjukkan seolah ia tidak paham apa itu bohong dan kebohongan. Betapa indahnya bukan? Sebaliknya coba anda bayangkan, jika seorang anak berusia 5 tahun sudah pintar bohong,,, gak banget kan jadinya (pinjem bahasa gaul anak sekarang) 🙂

Dengan kejujuran, kita akan merasa lega dari perasaan bersalah karena berbohong. Walaupun kadang ada kalanya kebohongan itu diperlukan, tapi disini kita tidak membicarakan pengecualin itu.

Dengan kejujuran, anda akan bisa berkembang dengan mudah. Coba bayangkan ketika anda masuk kesebuah pekerjaan, lalu sang bos tanya “apakah anda bisa dengan hal ini?” Lalu anda berkata bahwa anda bisa, padahal anda tidak bisa, bukankah ketidak jujuran seperti itu karena lebih mementingkan gengsi akan menambah masalah baru bagi anda? Jika anda mau jujur tapi tetap tidak menurunkan nilai jual anda, mungkin anda bisa katakan, “maaf pak, saya belum bisa, tapi saya akan mempelajarinya segera pak”. Gimana, lebih enak bukan?

Dengan kejujuran anda tak perlu bingung mencari alasan-alasan yang dibuat-buat, berbeda ketika anda melakukan kebohongan sekali saja, maka hal tersebut akan memancing untuk timbulnya kebohongan-kebohongan yang lain.

So teman, mari kita biasakan jujur dan mulai menanamkan kejujuran kepada orang-orang terdekat kita.
Karena kejujuran itu indah dan orang yang jujur disayang Allah.

Syamsul 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s